Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Mengunjungi Balai Kalurahan Karangwuluh

Sebagai salah satu bentuk pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kalurahan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Sudarmanto, S.I.P., M.Si. didampingi Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa, Risdiyanto, S.I.P., M.M. melakukan kunjungan ke Balai Kalurahan Karangwuluh, Kapanewon Temon pada hari Senin (21/09). Kunjungan ini diterima langsung oleh Lurah Karangwuluh, Purwoko Agus Sancoyo beserta jajaran pamong kalurahan.

Berkaitan dengan penanggulangan penyebaran Covid-19, Lurah Karangwuluh menyampaikan bahwa telah dilakukan langkah-langkah kewaspadaan mengingat munculnya kasus baru yang cukup signifikan di kalurahan tetangga. Sesuai dengan kebijakan pemerintah, Kalurahan Karangwuluh juga telah menyalurkan BST yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada warganya terdampak pandemi.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB meninjau proses pembangunan aula serba guna dan kantor kalurahan. Lurah Karangwuluh menyampaikan bahwa pembangunan fisik ini bersumber dari DD dan mengingat anggaran yang dibutuhkan cukup besar maka dilakukan secara multi years. Aula serba guna ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan warga, termasuk untuk kegiatan olahraga indoor.

Selain itu, Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB juga meninjau Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal), yang berkantor di Balai Kalurahan. Saat ini jenis usaha BUMKal Karangwuluh masih sebatas usaha simpan pinjam. Masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan usaha antara lain keterbatasan pangsa pasar, tingkat kredit macet serta tata kelola administrasi yang belum ideal. Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB mendorong agar BUMKal Karangwuluh melakukan diversifikasi jenis usaha dengan menggali potensi dan kebutuhan warga. Ke depan BUMKal diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Kalurahan. (RSD)