Dinas PMD Dalduk dan KB Terima Kunjungan Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Bantul

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada hari Senin (31/08) menerima kunjungan kerja dari Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Rombongan dari Bantul yang dipimpin oleh Margono diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Jumarna, S.I.P. dan Kepala Seksi Kelembagaan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Risdiyanto, S.I.P., M.M.

Maksud dan tujuan kunjungan kerja kali ini adalah untuk melakukan studi banding terkait pelaksanaan pengukuhan Lurah oleh Gubernur DIY. Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Kulon Progo merupakan yang pertama se-DIY melaksanakan pengukuhan Lurah oleh Gubernur DIY yaitu pada tanggal 27 Januari 2020. Pemerintah Daerah DIY telah meminta kepada kabupaten yang belum melaksanakan pengukuhan Lurah agar dilaksanakan pada tahun 2020 ini, termasuk Kabupaten Bantul.

Hal-hal yang dipelajari Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Bantul antara lain terkait dokumen yang dibutuhkan, regulasi terkait, teknis pelaksanaan pengukuhan Lurah, pelantikan Pamong dan lain-lain. Berkaitan dengan dokumen maka yang diperlukan antara Peraturan Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kalurahan, Keputusan Bupati tentang Perubahan Nama Jabatan Kepala Desa Menjadi Lurah beserta petikannya, Keputusan Lurah tentang Perubahan Nama Jabatan Pamong Kalurahan, serta beberapa dokumen terkait pelantikan kembali Lurah oleh Bupati dan pengukuhan Lurah sebagai Pemangku Keistimewaan oleh Gubernur DIY, Berita Acara Pengambilan Sumpah, naskah sumpah/janji, naskah pelantikan dan sebagainya.

Sehubungan masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka pelaksanaan seremonial pelantikan kembali oleh Bupati dan pengukuhan Lurah oleh Gubernur untuk Lurah se-Kabupaten Bantul dimungkinkan akan dilakukan secara virtual seperti halnya yang dilakukan oleh Kabupaten Gunungkidul. Untuk teknis pelaksanaan agar pemerintah kabupaten melakukan koordinasi dengan stakeholder di tingkat Pemda DIY, yaitu Paniradya Kaistimewan dan Biro Tata Pemerintahan Setda DIY.