Bupati Resmikan Pertashop di Bumirejo

BUMIREJO – Sebagai wujud komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pelosok, PT. Pertamina (Persero) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia telah membuat Nota Kesepahaman yang  berupa perluasan penyaluran BBM dan LPG melalui pembangunan Pertashop di desa-desa yang berada di wilayah NKRI khususnya yang belum terjangkau lembaga penyalur atau layanan produk Pertamina yaitu SPBU. Pertashop dibangun untuk menjadi lembaga penyalur resmi dari Pertamina dengan skala yang lebih kecil dengan tujuan memenuhi kebutuhan energi masyarakat pedesaan. Sales Area Manager PT. Pertamina (Persero) Wilayah Yogyakarta menyampaikan bahwa di Di Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini terdapat 6 (enam) Pertashop, 2 (dua) diantaranya ada di Kabupaten Kulon Progo yaitu di Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh dan Kalurahan Bumirejo Kapanewon Lendah.

Bupati Kulon Progo dalam sambutannya berharap kehadiran Pertashop ini dapat meningkatkan perekonomian di pedesaan, terlebih di masa pandemi covid-19 ini, dimana dampaknya bukan hanya di sektor kesehatan saja, tetapi juga di sektor ekonomi. Pertashop merupakan perwujudan keseriusan pemerintah dalam membangun desa, menggeliatkan perekonomian desa, serta mendekatkan pelayanan BBM berkualitas ke desa. Pertashop ini nantinya diharapkan menjadi salah satu unit usaha BUM Desa Bumirejo, yang mana selama ini baru meliputi Unit Jasa Keuangan Mikro dan Unit Brokering. BUM Desa harus profesional, transparan dalam mengelola bidang usaha agar pertashop bisa tumbuh berkembang menjadi lebih baik, sehingga menjadi inspirasi bagi kalurahan-kalurahan yang lain untuk mengembangkan Pertashop.

Setelah sambutan Bupati acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Pertashop di Kalurahan Bumirejo, Senin (24/08/2020) dan pengisian BBM oleh Sales Area Manager PT. Pertamina (Persero) Wilayah Yogyakarta, Bupati Kulon Progo, Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, dan Panewu Lendah. (*pm)