Pak Ndut Ciptakan Lagu Harganas

Drs. Mardiya,  Ka Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo kembali menciptakan Lagu Bertema Keluarga. Kali ini lagu yang diciptakan diberi judul “Harganas” yang merupakan akronim dari Hari Keluarga Nasional. Lagu Harganas yang diciptakan untuk memeriahkan acara peringatan Harganas XXVII, Senin, 29 Juni 2020 ini telah diunggah di YouTube melalui Drs, Mardiya diya pada hari Minggu, 28 Juni 2020 Pukul 03.00 WIB. Dalam waktu singkat, lagu tersebut telah ratusan kali tayang, mendapat puluhan like dan komentar dari nitizen.

Lagu Harganas berisi pesan bahwa Harganas merupakan hari besar bagi seluruh keluarga, merupakan hari Bahagia dan hari sejahtera. Oleh karena itu, hari keluarga harus dijadikan momentum untuk mengoptimalkan pelaksanaan 8 fungsi keluarga keluarga. Mulai dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi Pendidikan, Ekonomi dan Pembinaan Lingkungan.  Optimali 8 fungsi keluarga ini perlu dilakukan untuk mewujudkan keluarga kecil, maju dan mandiri yang merupakan representasi dari keluarga berkualitas/keluarga keren.

Mendapat tanggapan positif dari masyarakat, merupakan kegembiraan tersendiri bagi penerima Cipta Karya Kencana dari BKKBN Pusat Tahun 2019 dan Alumni Berprestasi UNY Tahun 2020. Hal ini mengingat hingga saat ini, lagu Harganas yang merupakan bagian dari Lagu Bertema Keluarga, belum pernah dibuat oleh musisi manapun. Sehingga lagu ini merupakan lagu Harganas yang pertama kali ada, terlebih di era Rebranding Program Bangga Kencana saat ini.

Drs. Mardiya yang mendapat nama panggilan Pak Ndut, hingga saat ini telah menciptakan Lagu Bertema Keluarga lebih dari 100 judul baik yang diunggah melalui channel Drs. Mardiya diya, Aspemusik,  Sri Widyastuti maupun channel Fitri Febriyanto. Lagu-lagu tersebut telah rata-rata telah tayang ribuan kali dan mendapat tanggapan ribuan kali pula. Bahkan lagu yang berjudul Generasi Berencana dan Kampung KB yang diciptakan Drs. Mardiya pada tahun 2015 dan 2017  telah tayang puluhan ribu kali. Sebuah prestasi yang luar biasa untuk lagu-lagu Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang mendukung program Pemerintah.