MENYUSUN DOKUMEN PERENCANAAN KALURAHAN MELAUI MUSKAL RKPKAL

Sesuai dengan siklus perencanaan pembangunan Kalurahan, bulan Juni ini saatnya untuk menyelenggarakan Musyawarah Kalurahan (Muskal) RKPKal, dimana sebelumnya diawali dengan Musrenbangduk dan rembuk stunting. Agenda dari Muskal RKPKal tersebut adalah : 1) melakukan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan/Desa (RPJM Kalurahan/Desa) untuk kegiatan Tahun Anggaran 2021 dan rencana kegiatan tahun sebelumya yang belum terlaksana; 2) melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya;  3) membahas usulan rencana kegiatan dari Pemerintah Kalurahan, BPK, hasil Musrenbangduk dan hasil rembuk stunting yang diselaraskan dengan RPJM Kalurahan/Desa; 4) penyelarasan rencana kegiatan dengan program dari Pemerintah maupun Pemerintah Daerah; 5) menyusun Daftar Rencana Kegiatan Tahun Anggaran 2021; dan 6) membentuk Tim Verifikasi.

Sampai dengan tanggal 22 Juni 2020 terdapat 2 kalurahan yang telah melaksanakan Muskal RKPKal yaitu  kalurahan Karangsewu kapanewon Galur  dan kalurahan Banjaroyo kapanewon Kalibawang. Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPK dengan peserta terdiri dari utusan padukuhan, tokoh masyarakat dan  pemerintah kalurahan. Peserta musyawarah sangat aktif dengan menyampaikan usulan dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan rencana pembangunan di wilayahnya.

Musyawarah yang dilaksanakan di balai kalurahan Banjaroyo tersebut salah satu pembahasan yang cuup mendapatkan respon dari peserta adalah usulan kegiatan bagi kaum disabilitas yang berkaitan dengan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya. Selain itu juga dibahas tentang usulan kegiatan pembangunan jalan Kabupaten  yang menjadi prioritas di DU RKPKal yang akan diusulkan di Musrenbang Kapanewon nanti.

Setelah dilaksanakannya Muskal RKPKal, pemerintah kalurahan akan segera menetapkan Tim penyusun RKPKal yang beranggotakan antara 7 sd 11 orang. Sesuasi dengan ketentuan yang ada bahwa Tim tersebut otomatis Lurah desa sebagai Pembina, Carik Desa sebagai ketua , Sekretaris dijabat oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan anggota terdiri dari perangkat desa, LPM, KPMD dan dari unsur masyarakat lainya. Tim Penyusun RKPkal ini akan menyusun dokumen sesuai dengan tahapan yang telah diamanatkan di Petunjuk Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Kalurahan Tahun Anggaran 2021. (*pm-tapmd)