Pak Ndut Ciptakan Lagu Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Dalam rangka membantu pembentukan karakter yang baik di masyarakat terutama di kalangan anak-anak dan remaja, Pak Ndut/Drs. Mardiya, Ka Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo menciptakan lagu Mikul Dhuwur Mendhem Jero. Lagu ini telah direlease di YouTube, Rabu (27/5) yang hingga saat ini telah tayang lebih dari 350 kali serta mendapat puluhan like dan komentar dari nitizen. Lagu ini juga telah disebarluaskan lewat web Dinas PMD Dalduk dan KB serta media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Likee.

Lagu Mikul Dhuwur Mendhem Jero yang berirama Pop Jawa ini inti pesannya mengajak pada seluruh anggota keluarga, tetangga dan masyarakat untuk memperhatikan, merawat, menghargai dan menghormati para orangtua kita. Juga berupaya untuk membahagiakan dan mensejahterakan pada para orangtua kita yang telah memdidik dan membesarkan kita sehingga menjadi manusia dewasa dan mandiri. Makna Mikul Dhuwur Mendhem Jero adalah bagaimana kita dapat menjaga nama baik orangtua serta menutup segala kekurangannya, baik dalam bertutur kata, bersikap maupun berperilaku.

Harapannya, lagu ini ke depan dapat menjadi spirit bagi anak-anak dan remaja kita untuk lebih peduli pada para orangtuanya. Sehingga tidak ada lagi anak yang menelantarkan orangtuanya, menyakiti bahkan berperilaku diluar batas kemanusiaan sebagaimana banyak terjadi di lingkungan kita saat ini. Kekerasan terhadap orangtua dan lansia juga dapat ditekan/dikurangi sehingga mereka merasa nyaman tinggal di lingkungan keluarga anak-anaknya bila kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk hidup mandiri karena sudah ditinggal terlebih dahulu oleh pasangannya.