IPeKB Kulon Progo akan Terbitkan Majalah

Sabtu, 15 September 2018 03:05:07 - Oleh : Bidang Pengendalian Penduduk

Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan Optimal

Pembinaan SSK/Pojok Kependudukan di SMA N 1 Pengasih

In House Training Pengelolaan Aset Desa

DPMD Dalduk dan KB Ikuti Diskusi Isu Strategis Kependudukan

Kulon Progo Mantapkan Gerakan Kuhias Kenanganku

Ikatan enyuluh Kelurga Berencana (IPeKB) Kabupaten Kulon Progo dalam waktu dekat ini akan menerbitkan majalah "Cermin Keluarga" sebagai media Komunikasi, Informasi dan Edukasi pada masyarakat tentang program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)Menurut rencana, majalah dengan kisaran ketebalan 20 - 30 halaman ini akan terbit tri bulanan dengan target distribusi hingga tingkat desa. Substansi isi dari majalah ini nantinya tidak hanya berkutat pada berita-berita aktual pelaksanaan program KKBPK di Kulon Progo, tetapi juga menyoroti berbagai permasalahan dan tantangan program KKBPK baik di level nasional maupun daerah. Lebih dari itu, juga berbagai pandangan Penyuluh KB dalam upaya menyukseskan program KKBPK yang diwujudkan dalam bentuk opini, tinjauan ilmiah maupun bentuk lainnya. Agar masyarakat juga mendapatkan suasana segar, dalam majalah tersebut juga akan disampaikan tulisan-tulisan ringan yang menggelitik dalam bentuk pantun, puisi, cerpen, atau kejadian lucu penyuluh KB saat melakukan tugasnya di lapangan.

Menurut Ketua IPeKB Kulon Progo, Ir. Sudarmi, Majalah Cermin Keluarga dibawah koordinasi Nurhadi Yuwono, SH sebagai Pemimpin Umum dan Dwi Ningsih Rahmatullah, S.Sos nantinya juga akan mempromosikan kegiatan-kegiatan unggulan di masyarakat binaan Penyuluh KB seperti Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) maupun Usaha Penigkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Tidak lupa juga kegiatan Kelompok KB Pria dan para motivatornya dalam upaya menyukseskan program KB Pria di Kulon Progo.

Ka Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Drs. Mardiya selaku penasehat Majalah Cermin Keluarga berharap, majalah ini hendaknya menjadi media yang efektif untuk memberdayakan Penyuluh KB dalam kemampuannya menulis sebagai bagian dari upaya pengembangan profesi. Tulisan-tulisan yang disampaikan hendaknya selain mampu sebagai pencerah masyarakat dalam program KKBPK, juga memiliki manfaat bagi PKB sebagai pendukung jenjang karir dengan mendapatkan angka kredit sebagai hasil jerih payahnya.  Oleh karena itu, tulisan-tulisan yang disampaikan hendaknya selain berbobot dan mengikuti kaidah-kaidah penulisan yang baik, di dalamnya mengandung unsur-unsur kreatif dan inovatif.

« Kembali | Kirim | Versi cetak