Perpustakaan PIK R Persadakarsa, Diminati Remaja

Selasa, 13 Maret 2018 12:32:33 - Oleh : Bidang Pengendalian Penduduk

Dinas PMD Dalduk dan KB Lakukan Kunjungan Lapangan

Pelatihan Devinfo Bagi Pengelola/Wali Data Program KKBPK

Pak Ndut Gubah Lagu Kulon Progo Bangkit

Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XV dan HKG PKK Ke-46 Tahun 2018 di Kecamatan Galur

Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XV dan HKG PKK Ke-46 Tahun 2018 di Kecamatan Temon

Perpusatakaan PIK Remaja Persadakarsa Pedukuhan Karangwetan, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, menarik minat remaja untuk berkunjung dan membaca buku-buku yang tersedia. Perpustakaan yang diberi label "Rumah Ilmu" tersebut ini ramai dikunjungi remaja terutama pada hari libur atau hari minggu. Remaja yang datang umumnya berkelompok bersama kawan-kawan sebayanya. Selain pinjam dan baca buku, para remaja yang umumnya masih sekolah atau kuliah ini sering mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan mata pelajaran di sekolah atau persoalan remaja lainnya. Misalnya  masalah pergaulan remaja, kesehatan atau olah raga.

Menurut Ketua PIK Remaja Persadakarsa Karangwetan, Oky Saputra, Perpustakaan "Rumah Ilmu" setidaknya memiliki 500 buku baru dengan beragam judul dari hampir semua disiplin ilmu. Selain buku baru ada juga buku dan majalah/koran bekas yang bisa dibaca setiap saat khususnya di sore hari. Perpustakaannya sendiri telah berdiri sejak awal tahun 2017 dan diresmikan keberadaannya oleh Kades Salamrejo, Dani Pristiawan, SIP pada hari Sabtu, 29 April 2017 lalu. Saat itu hadir, Ka Bdang Dalduk Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Drs. Mardiya, Dukuh Karangwetan, Suwaldi, Ketua Karangtaruna Persadakarsa Waspodo, tokoh masyarakat Padmokaskoyo, Tokoh Agama Sarwono dan masyarakat Pedukuhan Karangwetan.

Dengan adanya perpustakaan "Rumah Ilmu" Oky Saputra mengakui ketertarikan remaja untuk datang ke sekretariat PIK R juga meningkat. Mereka juga menjadi rajin belajar dan rajin berdiskusi. Apalagi bagi anak-anak SD, mereka merasa beruntung bertemu dengan kakak-kakak kelasnya dan dapat menanyakan materi pelajaran yang sulit di sekolahnya.

« Kembali | Kirim | Versi cetak