Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dukuh VI Bugel

Jum`at, 29 Maret 2019 13:27:08 - Oleh : Bidang Pemdes

Suasana acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dukuh VI Bugel

Evaluasi dan Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019

Sosialisasi Pengendalian Pertumbuhan Penduduk

Kunjungan Lapangan pada Calon Penerima SP Bidang KKBPK

MAD Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Sosialisasi PID 12 Kecamatan

Musda BODRONOYO Tahun 2019

 

Pada hari Senin (25/03), Kepala Desa Bugel, Kecamatan Panjatan mengambil sumpah dan melantik Sdr. Suhartini sebagai Dukuh VI Desa Bugel di Aula Balai Desa Bugel. Acara dihadiri oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Camat Panjatan, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa Bugel beserta jajaran Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota, serta masyarakat Desa Bugel.

Setelah prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan Sdr. Suhartini sebagai Dukuh VI yang dipandu oleh Kepala Desa Bugel, Sunardi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen berita acara, penyerahan surat Keputusan Kades serta serah terima jabatan dari pejabat lama (Pelaksana Tugas Harian/PTH Dukuh VI) kepada pejabat baru.

Kepala Desa Bugel mendapat kesempatan pertama untuk memberikan sambutan, dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin. Proses pengisian Dukuh VI Bugel telah berjalan dengan lancar dan sesuai ketentuan perundang-undangan. Panitia Pengisian Perangkat Desa telah bekerja secara profesional, netral dan sesuai mekanisme sebagaimana diatur dalam Perda dan Perbup. Kades Bugel mengucapkan selamat bekerja kepada Dukuh VI dan berharap agar segera beradaptasi dengan ketugasannya.

Camat Panjatan, Setiawan Tri Widada, S.Sos. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan pengisian Dukuh VI. Kepada Dukuh VI juga disampaikan selamat dan berharap agar dapat melanjutkan tugas pekerjaan Dukuh sebelumnya. Kebetulan Suhartini yang saat ini menjabat Dukuh VI adalah istri almarhum mantan Dukuh VI sebelumnya. Selama mendampingi tugas suami, Suhartini telah membantu sebagian ketugasan dukuh sehingga sedikit banyak telah belajar dan paham dengan jabatan ini. Pak Camat juga menekankan agar Dukuh VI mempelopori warga dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Sambutan terakhir diberikan oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa, Risdiyanto, S.I.P. yang juga memberikan ucapan selamat kepada Dukuh VI, serta memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pengisian Perangkat Desa. Ditegaskan kembali mengenai Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2018 tentang Jam Kerja Kantor Desa dan Cuti Kepala Desa dan Perangkat Desa, bahwa Dukuh sebagai Pelaksana Kewilayahan juga diwajibkan bekerja di kantor desa minimal dua hari kerja dalam satu minggu. Tugas Dukuh selaku Pelaksana Kewilayahan juga cukup dominan dalam aspek pembinaan kemasyarakatan, sehingga dukuh dituntut aktif berperan di tengah masyarakat serta merangkul semua warga di wilayahnya. Keberadaan perangkat desa yang solid, disiplin serta memiliki kapabilitas yang dapat diandalkan diharapkan dapat mendukung tugas Kepala Desa dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan desa.

Setelah serangkaian sambutan, acara kemudian ditutup dengan berdoa dan pemberian ucapan selamat kepada Dukuh VI.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak