Admin SIAPDES Tingkat Kecamatan Siap Mendampingi Validitas Data Desa

Jum`at, 22 Maret 2019 09:10:32 - Oleh : BIDANG PEMDES

Penjelasan oleh Admin SIADES Kabupaten

Evaluasi dan Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019

Sosialisasi Pengendalian Pertumbuhan Penduduk

Kunjungan Lapangan pada Calon Penerima SP Bidang KKBPK

MAD Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Sosialisasi PID 12 Kecamatan

Musda BODRONOYO Tahun 2019

Dalam upaya mengoptimalkan keberadaan aplikasi SIAPDES (Sistem Informasi Aparatur Pemerintah Desa) sebagai garda depan sumber data dan informasi mengenai Aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melakukan langkah-langkah strategis yang mendorong optimalisasi pemanfaatan aplikasi.

 

SIAPDES yang telah ada sejak sekitar tahun 2016 diharapkan menyediakan data dan informasi yang up to date dan valid. Pada pertengahan Februari 2019, Dinas PMD Dalduk dan KB telah meminta kembali kepada kecamatan dan desa untuk mengirim data admin SIAPDES. Langkah selanjutnya adalah rapat koordinasi dengan admin SIAPDES tingkat kecamatan yang diselenggarakan pada hari Kamis (21/03) di Aula Dinas PMD Dalduk dan KB.

 Kegiatan yang diampu oleh Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa, Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa ini merefresh kembali teknis operasional pengelolaan aplikasi SIAPDES. Admin SIAPDES kecamatan diharapkan dapat memberikan pendampingan dan membantu melakukan monitoring kelengkapan dan validitas data di desa-desa di wilayahnya masing-masing. Dalam melakukan updating data, sangat diperlukan koordinasi dengan desa, termasuk untuk menelusur data primer berupa dokumen sebagai dasar updating data, sehingga data benar-benar valid.

 Kelengkapan dan validitas data dalam SIAPDES sangat berguna baik untuk konsumsi internal desa, kecamatan dan kabupaten, maupun pihak eksternal yang memerlukan untuk akses data. Dalam rapat koordinasi ini sekaligus dilakukan semacam bimbingan teknis kepada admin SIAPDES kecamatan, serta diskusi untuk membahas mengenai kendala teknis yang dihadapi.

 Untuk koordinasi selanjutnya, maka akan dibuat grup Whatsapp untuk para admin SIAPDES sebagai media komunikasi, koordinasi dan konsultasi. Sedangkan untuk koordinasi lebih lanjut dengan admin SIAPDES tingkat desa akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Setelah seluruh jenjang admin SIAPDES telah terkoordinasi, maka akan ditetapkan deadline updating data SIAPDES.

« Kembali | Kirim | Versi cetak