Dua dari 3 (tiga) Perpustakaan Desa Siap Bersaing di Tingkat Propinsi DIY

Rabu, 20 Maret 2019 13:59:03 - Oleh : SEKRETARIAT

Penerimaan Hadiah Oleh Kepala Dinas

Evaluasi dan Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019

Sosialisasi Pengendalian Pertumbuhan Penduduk

Kunjungan Lapangan pada Calon Penerima SP Bidang KKBPK

MAD Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Sosialisasi PID 12 Kecamatan

Musda BODRONOYO Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan dan  meningkatkan peran perpustakaan desa/kelurahan dalam pembelajaran sepanjang hayat serta untuk mewujudkan gemar membaca bagi masyarakat Desa/Kelurahan,sehingga perpustakaan Desa/Kelurahan semakin berkualitas, maka dilaksanakan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2019. Tahapan kegiatan ini meliputi:

1.    Pendaftaran dan pengiriman instrumen  dimulai sejak Senin-Jumat tanggal 25 Februari sampai dengan 1 Maret 2019.

2.    Seleksi Administrasi mulai Senin-Jumat tanggal 4-8 Maret 2019.

3.    Visitasi pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 12 dan 13 Maret 2019.

4.    Presentasi dan Pengumuman Hasil Lomba Hari Selasa  tanggal 19 Maret 2019.

Pada tahap awal, sejumlah 6 (enam) desa telah mengisi dan mengirimkan borang disertai dengan data pendukung yang diperlukan ,yaitu:

1.   perpustakaan Desa Banyuroto, Banyuroto Cerdas;

2.   perpustakaan Desa Giripurwo, Sumber Ilmu;

3.   perpustakaan Desa Hargomulyo, Sisodadi;

4.   perpustakaan Desa Bugel, Lentera;

5.   perpustakaan Desa Gulurejo, Ngudi Kawruh serta

6.   perpustakaan Desa Karangwuni, Wahana Tata Budaya.

Dari ke-enam perpustakaan desa tersebut, kemudian tim yuri melaksanakan seleksi administratif dan dilanjutkan dengan visitasi untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan melalui pengisian instrumen dan tanya jawab. Hasil visitasi adalah 3 (tiga) perpustakaan desa terbaik, dan melakukan presentasi di tingkat Kabupaten pada tanggal 19 Maret 2019, dihadapan tim yuri. Penilaian presentasi diukur dari materi, penampilan, kesesuaian materi dengan visitasi, tindak lanjut hasil visitasi.

Dari hasil presentasi, setelah dilaksanakan sidang dewan yuri dengan menjumlah seluruh komponen penilaian tersebut yaitu administrasi,visitasi dan presentasi, maka diperoleh hasil sebagai berikut:

1.   Juara 1 perpustakaan desa Giripurwo, Sumber Ilmu mendapatkan hadiah bantuan buku 100 eks, trophy, hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 2.250.000,-

2.   Juara 2 perpustakaan desa Bugel, Lentera mendapatkan hadiah bantuan buku 100 eks, trophy, hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000,-

3.   Juara 3 perpustakaan desa Hargomulyo, Sidodadi  mendapatkan hadiah bantuan buku 100 eks, trophy, hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,-

 

Dalam sambutannya pada saat penyerahan hadiah bagi pemenang lomba perpusdes maupun perpustakaan sekolah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs.R.Agus Santoso, M.A menyampaikan tentang substansi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 040/2006/SJ tanggal 4 Maret 2019 tentang Dukungan Penguatan Kelembagaan Perpustakaan, serta keikutsertaan perpusdes yang juara I dan II maju lomba perpusdes tingkat DIY.(Wn)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak