Pengisian Dukuh Setro Desa Kulur Berjalan Lancar

Selasa, 19 Maret 2019 08:54:17 - Oleh : BIDANG PEMDES

Suasana Pengisian Perangkat Desa Di Balai Desa Kulur

Evaluasi dan Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019

Sosialisasi Pengendalian Pertumbuhan Penduduk

Kunjungan Lapangan pada Calon Penerima SP Bidang KKBPK

MAD Pembentukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Sosialisasi PID 12 Kecamatan

Musda BODRONOYO Tahun 2019

Menjelang berakhir masa jabatan Dukuh Setro, Desa Kulur, Kecamatan Temon, maka Kepala Desa Kulur melakukan proses pengisian jabatan Perangkat Desa tersebut, yang secara teknis dilakukan oleh Panitia Pengisian Perangkat Desa.

Kegiatan Pengisian Perangkat Desa (Dukuh Setro) diselenggarakan pada hari Senin (18/03) di Balai Desa Kulur, yang diikuti oleh 6 orang Calon Yang Berhak Mengikuti Ujian. Untuk pembuatan soal ujian tertulis, maka Panitia Pengisian Dukuh Setro bekerjasama dengan Pihak Ketiga, yaitu Balai Pemerintahan Desa Yogyakarta, yang merupakan instansi vertikal Kementerian Dalam Negeri di wilayah.

Dalam kegiatan ini, Panitia Pengisian Dukuh Setro mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Camat Temon, serta unsur Muspika untuk melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tentang Perangkat Desa dan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 tentang Perangkat Desa, pengisian Dukuh Setro ini menggunakan mekanisme Ujian Tertulis, dengan jumlah soal 100 buah, dengan waktu pengerjaan selama 120 menit, dan passing grade yang ditetapkan Panitia adalah 50.

Setelah waktu pengerjaan selesai dan diselingi istirahat, Panitia Pengisian Dukuh Setro kemudian melanjutkan acara dengan koreksi hasil Ujian Tertulis, penilaian dan pemeringkatan, untuk memperoleh Calon Yang Lolos dan Memperoleh Nilai Tertinggi, dengan hasil sebagai berikut :

No. Ujian Nama Peserta Nilai Peringkat
1 DWI AMIANTI 72 1
2 AGUS SULISTIO 63 3
3 SUPARDIYANINGSIH 55 6
4 WAHYU RIYADI 59 4
5 NULAN DAYU PRASETIO 64 2
6 HERI PURWANTO 57 5

Dengan hasil tersebut, maka seluruh Calon Yang Berhak Mengikuti Ujian dinyatakan Lolos passing grade, sedangkan Calon Yang Lolos dan Memperoleh Nilai Tertinggi diraih oleh Dwi Amianti.

Seluruh Calon Yang Berhak Mengikuti Ujian menerima hasil Ujian Tertulis, yang dilanjutkan dengan penyelesaian dokumen administrasi pendukung. Panitia Pengisian Dukuh Setro selanjutnya akan menyerahkan hasil ujian tertulis untuk kemudian ditindaklanjuti dengan penerbitan Keputusan Kepala Desa Kulur tentang Pengangkatan Saudari Dwi Amianti Sebagai Dukuh Setro Desa Kulur, yang diserahkan pada saat pengambilan sumpah dan pelantikan Dukuh Setro oleh Kepala Desa Kulur.

« Kembali | Kirim | Versi cetak