Kulon Progo Ajukan Dua Usulan Penghargaan Bidang KKBPK

Selasa, 26 Februari 2019 11:26:21 - Oleh : Bidang Pengendalian Penduduk

Menghargai Sosok Ibu

Admin SIAPDES Tingkat Kecamatan Siap Mendampingi Validitas Data Desa

Monitoring Konsultan Nasional Kemendes PDTT ke Kabupaten Kulon Progo

Video Conference bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI

PELATIHAN HIDROPONIK ANGKATAN 2 TAHUN 2019

Di tahun 2019 ini Kulon Progo mengajukan usulan dua penghargaan nasional di Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sekaligus. Usulan penghargaan yang dimaksud adalah: (1) Satyalencana Pembangunan Bidang KKBPK, yang diajukan adalah Bupati Kulon Progo, (2) Cipta Karya Kencana, dengan personil yang diajukan Pak Ndut/Drs. Mardiya.

Satyalencana Pembangunan Bidang KKBPK adalah tanda penghormatan yang diberikan Presiden RI kepada Gubernur, Bupati, Walikota yang berkomitmen, berjasa dan berprestasi dalam pelaksanaan progarm KKBPK di wilayahnya. Terkait dengan hal tersebut, Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) telah banyak melakukan upaya untuk menyukseskan Program KKBPK maupun program pembangunan lainnya untuk mewujudkan kemandirian daerah dengan konsep Bela Beli Kulon Progo dalam rangka mewujudkan Visi  Rencana Pembangunan Jangka Panjang  Daerah (RPJPD) Kabupaten Kulon Progo kurun waktu 2005 - 2025 berupa Masyarakat Kabupaten Kulon Progo yang Maju, Mandiri, Sejahtera, lahir dan Batin, serta visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kulon Progo  tahun 2017 - 2022 yang berupa Kulon Progo yang Sejahtera, Aman, Tenteram, Berkarakter dan Berbudaya Berdasarkan Iman dan Taqwa.

Berbagai inovasi juga telah dilakukan antara lain: Pemberian Reward Kambing bagi Peserta KB MOP/Vasektomi Baru, pembentukan Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB), Strategi KIE KKBPK Berbasis Komunitas, Grakan Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (Kuhias Kenanganku) berbasis Masyarakat, Penguatan Ketahanan Keluarga melalui Pembentukan Klinik Ketahanan Keluarga, Pelayanan KB MKJP di SRUD Nyi Ageng serang (NAS) dan Pembinaan Kelompok UPPKS yang Diintegrasikan dengan Program Bela-Beli Kulon Progo dan Pemasaran Produk Secara Online melalui Belabeli.Com guna Mendukung Smart City  Kulon Progo.

Sementara Cipta Karya Kencana adalah penghargaan dari Kepala BKKBN yang diberikan kepada seseorang yang telah memberikan/menciptakan karya nyata dalam pelaksanaan program KKBPK, sehingga dapat dijadikan contoh teladan bagi orang lain. Pak Ndut/Drs. Mardiya diajukan untuk penghargaan ini karena telah menciptakan Lagu Bertema Keluarga sebanyak 20 lagu yang 18 lagu di antaranya telah dipublikasikan lewat Medsos/YouTube. Lagu-lagu tersebut juga telah lolos sensor dari lembaga sensor yang berkompeten.

Lagu-lagu karya Pak dut/Drs. Mrdiya selain pernah dilombakan oleh TP PKK Kabupaten Kulon Progo, juga disiarkan oleh Radio Komunitas dan Radio Megaswara, dua lagunya (Kampung KB dan Kuhias Kenanganku) tujuh kali ditayangkan TVRI dan beberapa kali ditulis oleh wartawan media cetak. Selain itu, lagu-lagu Pak Ndut telah dipakai beberapa daerah untuk mendukung KIE program KKBPK seperti Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

« Kembali | Kirim | Versi cetak